30/10/25

IPS KELAS 9 Tema 03 Tantangan Pembangunan Indonesia D Evaluasi

Penjelajah Evaluasi Interaktif - IPS Kelas IX

Penjelajah Evaluasi Interaktif

IPS Kelas IX - Tantangan Pembangunan Indonesia

Selamat Datang!

Selamat datang di Penjelajah Evaluasi Interaktif. Aplikasi ini mengubah soal evaluasi dari buku IPS Kelas IX (Tema: Tantangan Pembangunan Indonesia) menjadi pengalaman belajar yang dinamis.

Di sini, Anda dapat membaca wacana, menganalisis data grafik, dan menguji pemahaman Anda melalui kuis interaktif. Gunakan tombol navigasi di atas untuk berpindah antar bagian.

Mulai Jelajahi:

  • Buka 'Pilihan Ganda' untuk membaca wacana dan menjawab kuis.
  • Buka 'Esai' untuk meninjau pertanyaan dan melihat poin-poin kunci jawaban.

Bagian 1: Wacana & Grafik

Bagian ini berisi materi sumber yang digunakan untuk menjawab pertanyaan pilihan ganda. Bacalah wacana dengan saksama dan perhatikan tren pada grafik data di bawah ini.

Wacana: Semangat Sumpah Pemuda dan Indonesia Emas 2045

Indonesia Emas 2045 adalah sebuah visi besar Indonesia untuk menjadi negara yang berdaulat, maju, adil, dan makmur pada usia 100 tahun kemerdekaannya. Untuk mewujudkan visi ini, diperlukan kerja keras dan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, terutama para pemuda.

Semangat seperti masa sumpah pemuda yang herois dan patriotis sangat diperlukan, di mana seluruh pemuda yang berasal dari berbagai daerah dapat bersatu untuk mencapai satu tujuan yang sama. Semangat pantang menyerah, rela berkorban demi kepentingan bangsa, serta rasa kesatuan dan persatuan adalah kunci utama yang dapat diambil dari peristiwa Sumpah Pemuda.

Pemuda adalah agen perubahan (agent of change) yang memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa. Dengan kreativitas, inovasi, dan energi yang dimiliki, pemuda dapat menjadi motor penggerak kemajuan di berbagai bidang. Semangat sumpah pemuda menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan seperti dua sisi mata uang. Maka dari itu, semangat sumpah pemuda menjadi pendorong yang sangat berpengaruh dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Grafik: Umur Harapan Hidup (UHH) Saat Lahir di Indonesia

Grafik ini menunjukkan perkembangan Umur Harapan Hidup (UHH) di Indonesia dari tahun 2010 hingga 2018. UHH adalah salah satu indikator penting untuk mengukur keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan dan kesejahteraan sosial.

Bagian 2: Kuis Interaktif Pilihan Ganda

1. Mengapa peran pemuda sangat penting untuk mencapai kemajuan Indonesia maju di tahun 2045?

a. Pemuda memiliki visi yang sama dengan pemerintah
b. Pemuda memiliki kreativitas untuk bersaing
c. Pemuda menjadi pendorong semangat sumpah pemuda
d. Pemuda dan masa depan bangsa tidak bisa dipisahkan

2. Peran yang dapat dilakukan sebagai pemuda terhadap pembangunan Indonesia sesuai dengan penjelasan dalam wacana tersebut adalah ...

a. Mengutamakan kepentingan pribadi di atas segalanya
b. Mendorong semangat kedaerahan untuk kemajuan daerah
c. Melestarikan semangat persatuan untuk mencapai kemajuan
d. Menjadi agen perubahan yang menolak semua program

3. Perwujudan semangat sumpah pemuda yang bisa menjadi kunci kesuksesan pembangunan ditunjukkan oleh nomor ...
(1) Pantang menyerah
(2) Rela Berkorban
(3) Senang meraih keuntungan
(4) Mendorong persatuan

a. 1, 2, dan 4
b. 1, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 1, 2, dan 3

4. Berdasarkan grafik Umur Harapan Hidup (UHH) di atas, pernyataan yang paling tepat adalah ...

a. Tingkat harapan hidup di Indonesia mengalami pasang surut perkembangan
b. Pembangunan bidang kesehatan... mengalami perkembangan dari tahun ke tahun.
c. Tingkat harapan hidup saat lahir di Indonesia menembus angka 70% sejak tahun 2010.
d. Umur harapan hidup bisa menjadi tolok ukur untuk melihat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

5. Apa contoh perilaku yang bisa kita lakukan dalam keseharian untuk mendukung pembangunan di Indonesia?

a. Membayar dan mendistribusikan pajak secara rutin.
b. Membeli produk impor untuk meningkatkan devisa.
c. Melakukan demonstrasi untuk mengkritik pemerintah.
d. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah saja.

Pertanyaan Esai

Tinjau pertanyaan-pertanyaan esai berikut. Pikirkan jawaban yang komprehensif. Anda dapat mengklik tombol di bawah setiap pertanyaan untuk melihat poin-poin kunci yang seharusnya ada dalam jawaban Anda.

1. Mengapa pembangunan infrastruktur dapat berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat?

2. Karakteristik proses pembangunan di Orde Lama, Orde Baru, dan Orde Reformasi. Orde manakah yang paling membawa dampak signifikan bagi kemajuan Indonesia dan alasannya?

3. Analisis gambar ketimpangan sosial di ibukota Indonesia dan kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi.

Ilustrasi Ketimpangan Sosial

4. Apa yang dapat kita lakukan sebagai pelajar untuk mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia di Indonesia?

5. Menurutmu, apakah sejauh ini proses pembangunan yang sudah dilakukan tersebut dapat dikatakan berhasil? Jelaskan alasannya!

KELAS 9 IPS Tema 04. Kerja Sama Dunia C. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) - Kelas 9 IPS 🌍 Tema 04: K...