05/11/25

KELAS 6 SD MATEMATIKA 1 Pecahan dan Desimal C. Bilangan Desimal 2 Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Desimal

Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Desimal

📊 Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Desimal 📊

Matematika Kelas 6 SD

Mari belajar cara membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal! Kita akan belajar menentukan mana yang lebih besar, lebih kecil, atau sama, serta mengurutkan bilangan desimal dari terkecil ke terbesar.

📐 Aturan Membandingkan Bilangan Desimal

Bandingkan digit dari kiri ke kanan: satuan → persepuluhan → perseratusan → perseribu. Digit yang lebih besar menentukan bilangan yang lebih besar.

🎯 Contoh Membandingkan Bilangan Desimal

📊 Contoh 1: Membandingkan 2,5 dan 2,3
2,5 > 2,3
1
Bandingkan digit satuan:
2 = 2 (sama)
2
Bandingkan digit persepuluhan:
5 > 3
3
Kesimpulan:
2,5 > 2,3
📊 Contoh 2: Membandingkan 0,45 dan 0,5
0,45 < 0,5
1
Samakan jumlah digit desimal:
0,45 dan 0,50
2
Bandingkan digit persepuluhan:
4 < 5
3
Kesimpulan:
0,45 < 0,5
📊 Contoh 3: Membandingkan 1,234 dan 1,24
1,234 < 1,24
1
Samakan jumlah digit desimal:
1,234 dan 1,240
2
Bandingkan dari kiri ke kanan:
Satuan: 1 = 1, Persepuluhan: 2 = 2
Perseratusan: 3 < 4
3
Kesimpulan:
1,234 < 1,24
🔢 Tabel Nilai Tempat untuk Membandingkan
Satuan
Koma
Persepuluhan
Perseratusan
Perseribu
Bilangan
2
,
5
0
0
2,5
2
,
3
0
0
2,3

Karena 5 > 3 pada tempat persepuluhan, maka 2,5 > 2,3

🎨 Visualisasi pada Garis Bilangan
2,3
2,5
2,7
2,0 2,2 2,4 2,6 2,8 3,0

Semakin ke kanan, bilangan semakin besar: 2,3 < 2,5 < 2,7

🔄 Contoh Mengurutkan Bilangan Desimal
Bilangan yang akan diurutkan:
3,7
3,25
3,8
3,15
Langkah 1: Samakan jumlah digit desimal
3,70
3,25
3,80
3,15
Langkah 2: Bandingkan dan urutkan

Digit satuan sama (3), bandingkan persepuluhan: 1 < 2 < 7 < 8
Untuk 3,15 dan 3,25: perseratusan 1 < 2

3,15
3,25
3,7
3,8

Urutan dari terkecil ke terbesar: 3,15 < 3,25 < 3,7 < 3,8

KELAS 9 IPS Tema 04. Kerja Sama Dunia C. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) - Kelas 9 IPS 🌍 Tema 04: K...