12/12/25

KELAS7 IPS Tema I Kehidupan Sosial dan Kondisi Lingkungan Sekitar • G. Konsep Dasar Ilmu Sejarah

Konsep Dasar Ilmu Sejarah - IPS Kelas 7

📚 Konsep Dasar Ilmu Sejarah

IPS Kelas 7 - Tema I: Kehidupan Sosial dan Kondisi Lingkungan Sekitar

🕰️ Mengapa Kita Belajar Sejarah?

Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang kehidupan nenek moyangmu? Bagaimana Indonesia merdeka? Atau mengapa budaya kita seperti sekarang? Semua pertanyaan itu akan terjawab dengan mempelajari sejarah!

Sejarah bukan hanya tentang masa lalu, tetapi juga tentang memahami masa kini dan mempersiapkan masa depan. Mari kita jelajahi konsep dasar ilmu sejarah bersama-sama!

📖 Pengertian Sejarah

🌍

Etimologi

🇎🇧 Historia (Yunani)

Artinya: Penyelidikan atau penelitian

ðŸ‡ļðŸ‡Ķ Syajaratun (Arab)

Artinya: Pohon (silsilah keturunan)

ðŸ‡ŪðŸ‡Đ Sejarah (Indonesia)

Cerita tentang peristiwa masa lalu

Definisi Sejarah

Menurut R. Moh. Ali

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia.

Menurut Ibnu Khaldun

Sejarah adalah catatan tentang masyarakat atau peradaban manusia yang terjadi pada masa lampau.

Kesimpulan

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa masa lalu yang benar-benar terjadi dan berpengaruh pada kehidupan manusia.

ðŸŽŊ Manfaat Mempelajari Sejarah

🧠

Edukatif

Memberikan pengetahuan dan kearifan tentang peristiwa masa lalu untuk pembelajaran

Contoh: Belajar dari keberhasilan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

ðŸ’Ą

Inspiratif

Menginspirasi dan memotivasi untuk berbuat lebih baik

Contoh: Terinspirasi dari perjuangan para pahlawan kemerdekaan

ðŸŽĻ

Rekreatif

Memberikan hiburan dan kesenangan dalam mengetahui masa lalu

Contoh: Mengunjungi museum dan situs bersejarah

🔎

Instruktif

Memberikan petunjuk dan pelajaran untuk masa kini dan masa depan

Contoh: Belajar dari kesalahan masa lalu agar tidak terulang

🏛️

Membangun Identitas

Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan jati diri bangsa

Contoh: Memahami asal-usul budaya dan tradisi kita

ðŸ§Đ Unsur-Unsur Sejarah

ðŸ‘Ĩ

MANUSIA

Pelaku utama dalam sejarah. Semua peristiwa sejarah melibatkan manusia sebagai subjek dan objek.

Contoh: Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, para pejuang yang berjuang melawan penjajah

🗚️

RUANG

Tempat terjadinya peristiwa sejarah. Lokasi geografis sangat penting dalam sejarah.

Contoh: Proklamasi kemerdekaan di Jakarta, Perang Diponegoro di Jawa Tengah

WAKTU

Kapan peristiwa tersebut terjadi. Waktu menentukan urutan kronologis peristiwa.

Contoh: 17 Agustus 1945 (Proklamasi), 20 Mei 1908 (Budi Utomo)

🔄

PERUBAHAN

Setiap peristiwa sejarah membawa perubahan dalam kehidupan manusia dan masyarakat.

Contoh: Indonesia berubah dari dijajah menjadi merdeka, dari kerajaan menjadi republik

⏳ Konsep Waktu dalam Sejarah

📊 Diakronik

📈

Mempelajari sejarah secara memanjang dalam waktu (kronologis), dari masa ke masa

Karakteristik:

  • • Fokus pada urutan waktu
  • • Mengikuti perkembangan dari awal hingga akhir
  • • Menekankan perubahan dan kontinuitas

ðŸ’Ą Contoh:

Perkembangan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dari abad ke-5 hingga abad ke-15 M

→ Abad 5: Kerajaan Kutai

→ Abad 7: Kerajaan Sriwijaya

→ Abad 8: Kerajaan Mataram Kuno

→ Abad 13: Kerajaan Majapahit

🔍 Sinkronik

ðŸŽŊ

Mempelajari sejarah secara melebar dalam ruang pada satu waktu tertentu

Karakteristik:

  • • Fokus pada satu periode tertentu
  • • Menganalisis berbagai aspek secara mendalam
  • • Menekankan hubungan antar faktor

ðŸ’Ą Contoh:

Kondisi Indonesia pada tahun 1945

• Politik: Proklamasi Kemerdekaan

• Ekonomi: Kondisi perekonomian pascaperang

• Sosial: Semangat nasionalisme tinggi

• Budaya: Munculnya identitas bangsa

📜 Sumber Sejarah

Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang dapat memberikan informasi tentang peristiwa masa lalu

📋 Berdasarkan Bentuknya

Contoh:

  • • Naskah Proklamasi asli tulisan tangan Soekarno
  • • Prasasti Yupa dari Kerajaan Kutai
  • • Foto-foto peristiwa Rengasdengklok
  • • Bendera Pusaka Merah Putih
  • • Rekaman pidato Bung Karno

Karakteristik:

  • ✓ Berasal langsung dari masa peristiwa terjadi
  • ✓ Memiliki nilai keaslian tinggi
  • ✓ Informasi lebih akurat
  • ✓ Menjadi bukti otentik

Contoh:

  • • Buku sejarah tentang Proklamasi Kemerdekaan
  • • Artikel ilmiah tentang Kerajaan Majapahit
  • • Film dokumenter sejarah
  • • Biografi tokoh sejarah
  • • Hasil penelitian sejarawan

Karakteristik:

  • ✓ Berdasarkan sumber primer
  • ✓ Sudah melalui interpretasi
  • ✓ Lebih mudah diakses
  • ✓ Memberikan analisis dan konteks

Contoh:

  • • Ensiklopedia sejarah Indonesia
  • • Kamus biografi tokoh nasional
  • • Almanak sejarah
  • • Direktori situs bersejarah
  • • Buku teks pelajaran sejarah

Karakteristik:

  • ✓ Ringkasan informasi umum
  • ✓ Tidak detail
  • ✓ Referensi awal penelitian
  • ✓ Mudah dipahami

🎭 Berdasarkan Jenisnya

📝

Tertulis

Dokumen, naskah, surat, prasasti

Contoh: Prasasti, kitab, dokumen perjanjian

ðŸ—Ģ️

Lisan

Cerita, legenda, kesaksian

Contoh: Wawancara veteran, cerita rakyat

🏚

Benda

Artefak, fosil, peninggalan

Contoh: Candi, keris, mata uang kuno

ðŸ“ļ

Visual

Gambar, foto, lukisan, video

Contoh: Foto kemerdekaan, lukisan perang

🔎 Tahapan Penelitian Sejarah

1️⃣

Heuristik (Pengumpulan Sumber)

Mencari dan mengumpulkan sumber-sumber sejarah yang relevan dengan topik penelitian

Kegiatan:

Mengunjungi perpustakaan, arsip nasional, museum, wawancara saksi sejarah, mencari dokumen asli

2️⃣

Verifikasi (Kritik Sumber)

Menguji kebenaran dan keaslian sumber sejarah yang telah dikumpulkan

Kritik Eksternal:

Menguji keaslian fisik sumber (bahan, tulisan, umur)

Kritik Internal:

Menguji isi dan kredibilitas informasi dalam sumber

3️⃣

Interpretasi (Penafsiran)

Menafsirkan dan menganalisis data sejarah untuk menemukan makna dan hubungan antar fakta

Kegiatan:

Menghubungkan fakta-fakta, menganalisis sebab-akibat, memberikan makna pada peristiwa

4️⃣

Historiografi (Penulisan Sejarah)

Menulis hasil penelitian sejarah secara sistematis, kronologis, dan ilmiah

Hasil:

Buku sejarah, artikel ilmiah, skripsi, disertasi, laporan penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan

📅 Periodesasi Sejarah Indonesia

Pembagian waktu sejarah Indonesia berdasarkan ciri-ciri tertentu

ðŸĶī Masa Prasejarah

Sebelum ada tulisan (±2 juta tahun lalu - abad ke-5 M)

Masa Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum, Megalitikum

🕉️ Masa Hindu-Buddha

Abad ke-5 - Abad ke-15 M

Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Sriwijaya, Mataram Kuno, Singhasari, Majapahit

☪️ Masa Islam

Abad ke-13 - Abad ke-17 M

Kerajaan Samudra Pasai, Demak, Banten, Mataram Islam, Ternate, Tidore, Gowa

⛓️ Masa Kolonial

Abad ke-16 - 1942

Penjajahan Portugis, Spanyol, Belanda (VOC & Hindia Belanda)

🎌 Masa Pendudukan Jepang

1942 - 1945

Pendudukan militer Jepang selama Perang Dunia II

ðŸ‡ŪðŸ‡Đ Masa Kemerdekaan

17 Agustus 1945 - sekarang

Terbagi menjadi: Orde Lama (1945-1966), Orde Baru (1966-1998), Era Reformasi (1998-sekarang)

📝 Uji Pengetahuanmu!

Jawab 10 pertanyaan berikut untuk mengukur pemahamanmu tentang konsep dasar ilmu sejarah

📚 Belajar dari Masa Lalu, Membangun Masa Depan

Materi IPS Kelas 7 - Konsep Dasar Ilmu Sejarah

KELAS 9 IPS Tema 04. Kerja Sama Dunia C. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) - Kelas 9 IPS 🌍 Tema 04: K...