Penilaian yang dilakukan selama berlangsungnya proses
pembelajaran dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk
melakukan perbaikan proses belajar mengajar. Berfungsi sebagai
penilaian formatif. Sering disebut sebagai penilaian yang
berkelanjutan (ongoing assessment)
Assessment of learning
Penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai.
Berfungsi sebagai penilaian sumatif.
Assessment as learning
Penilaian sebagai proses belajar dan melibatkan murid-murid
secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Penilaian ini juga
dapat berfungsi sebagai penilaian formatif.
Diferensiasi Konten
Diferensiasi konten merujuk pada strategi membedakan
pengorganisasian dan format penyampaian konten. Konten
adalah materi pengetahuan, konsep, dan keterampilan yang
perlu dipelajari murid berdasarkan kurikulum.
Diferensiasi
Produk
Merujuk pada strategi membedakan produk hasil belajar murid,
hasil latihan, penerapan, dan pengembangan apa yang telah
dipelajari.
Diferensiasi Proses
Merujuk pada strategi membedakan proses yang harus dijalani oleh murid yang dapat memungkinkan mereka untuk berlatih dan
memahami konten.
Kesiapan belajar (Readiness)
Kapasitas atau kesiapan murid untuk mempelajari materi baru. Kesiapan ini terkait dengan berbagai hal, di antaranya: pengetahuan, konsep dan keterampilan awal yang saat ini dikuasai oleh murid; miskonsepsi; tingkat perkembangan kognitif, afektif dan fisik; keterampilan berpikir, dan sebagainya.
Lingkungan Belajar
Lingkungan yang berada di sekitar murid dan yang mempengaruhi proses belajar mengajar.
Minat
Suatu keadaan mental yang menghasilkan respons terarah kepada suatu situasi atau objek tertentu yang menyenangkan dan memberikan kepuasan diri.
Pembelajaran Berdiferensiasi
Usaha menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu.
Profil Belajar
Merupakan pendekatan yang disukai murid untuk belajar, yang dipengaruhi oleh gaya berpikir/belajar, kecerdasan, budaya, latar belakang, jenis kelamin, dan lain-lain
Glosarium