CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN
IPS SMP/MTs FASE D
|
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
|
Pemahaman Konsep |
Pada akhir fase ini, peserta didik
mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu
berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan
antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami
potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia
juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara
terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana
masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu
menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam
mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan
memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era
kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital.
Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi
negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia
dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut
memberikan kontribusi yang positif. |
|
Keterampilan Proses |
Pada akhir fase ini, Peserta didik
mampu memahami dan menerapkan
materi pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses dalam belajarnya,
yaitu mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H. Kemudian mampu memperkirakan apa
yang akan terjadi berdasarkan jawaban-jawaban yang ditemukan.
Peserta didik juga mampu mengumpulkan informasi melalui
studi pustaka, studi dokumen lapangan, wawancara, observasi,
kuesioner, dan teknik pengumpulan informasi lainnya. merencanakan dan mengembangkan
penyelidikan. Peserta didik mengorganisasikan informasi dengan memilih mengolah
dan menganalisis informasi yang diperoleh. Proses analisis informasi
dilakukan dengan cara verifikasi, interpretasi, dan triangulasi informasi. Peserta
didik menarik kesimpulan, menjawab, mengukur dan mendeskripsikan serta
menjelaskan permasalahan yang ada dengan memenuhi prosedur dan tahapan yang
ditetapkan. Peserta didik mengungkapkan seluruh hasil tahapan di atas secara
lisan dan
tulisan dalam bentuk media digital dan non digital. Peserta didik lalu
mengomunikasikan hasil temuannya dengan mempublikasikan hasil laporan dalam
bentuk presentasi digital dan atau non digital, dan
sebagainya. Selain itu peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman belajar
yang telah dilalui dan diharapkan dapat merencanakan proyek lanjutan dengan
melibatkan lintas mata pelajaran secara kolaboratif. |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
IPS
SMP/MTs
FASE D
KELAS VII
BAB 1 Diri dan Keluarga di
Tengah Lingkungan Sosial
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian keluarga dan
sejarah asal-usul keluarga.
2. Peserta didik dapat membandingkan kondisi geografis
tempat tinggalnya dengan kondisi geografis wilayah lain di Indonesia.
3. Peserta didik dapat menggunakan peta untuk menunjukkan
lokasi tempat tinggal.
4. Peserta didik dapat menjelaskan pembentukan diri sebagai
makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral melalui proses sosialisasi.
5. Peserta didik dapat menganalisis kebutuhan dan alat
pemuas kebutuhan manusia.
6. Peserta didik dapat menyusun skala
prioritas kebutuhan.
7. Peserta didik dapat menjelaskan perlunya interaksi antarwilayah.
Alur Tujuan Pembelajaran
|
Elemen: Pemahaman
Konsep |
|||
|
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase ini,
peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri
serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis
hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan
memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan
. Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis
nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana
masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu
menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam
mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan
memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era
kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital.
Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi
negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia
dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut
memberikan kontribusi yang positif. |
|||
|
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar** |
JP |
|
1. A |
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian keluarga dan
sejarah asal-usul keluarga. |
1 |
3 |
|
1. B |
Peserta didik dapat membandingkan kondisi geografis
tempat tinggalnya dengan kondisi geografis wilayah lain di Indonesia. |
1 |
6 |
|
Peserta didik dapat menggunakan peta untuk menunjukkan
lokasi tempat tinggal. |
|||
|
1. C |
Peserta didik dapat menjelaskan pembentukan diri
sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral melalui proses sosialisasi. |
1 |
6 |
|
1. D |
Peserta didik dapat menganalisis kebutuhan dan alat
pemuas kebutuhan manusia. |
1 |
9 |
|
Peserta
didik dapat menyusun skala prioritas kebutuhan. |
|||
|
Peserta didik dapat menjelaskan perlunya interaksi
antarwilayah. |
|||
|
TOTAL JAM PELAJARAN (JP) |
24 |
||
BAB 2 Keberagaman
Lingkungan Sekitar
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi
lingkungan alam di sekitarnya dan fenomena pencemaran terhadap lingkungan alam.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi
lingkungan masyarakat di sekitarnya dan proses interaksi sosial yang terjadi di
dalam masyarakat.
3. Peserta didik dapat menjelaskan
pembentukan karakteristik budaya masyarakat daerah.
4. Peserta didik dapat menerangkan
leluhur bangsa Indonesia dan kehidupan masyarakat pada masa praaksara.
5. Peserta didik dapat menjelaskan
permasalahan terkait kelangkaan dan upaya-upaya pencegahannya.
6. Peserta didik dapat menerangkan
pentingnya upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.
Alur Tujuan Pembelajaran
|
Elemen: Pemahaman
Konsep |
|||
|
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase ini,
peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri
serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis
hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan
memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan
. Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis
nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana
masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu
menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam
mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan
memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era
kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital.
Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi
negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia
dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut
memberikan kontribusi yang positif. |
|||
|
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar** |
JP |
|
2. A |
Peserta didik dapat mengidentifikasi
lingkungan alam di sekitarnya dan fenomena pencemaran terhadap lingkungan
alam. |
2 |
6 |
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
lingkungan masyarakat di sekitarnya dan proses interaksi sosial yang terjadi
di dalam masyarakat. Peserta didik dapat menjelaskan
pembentukan karakteristik budaya masyarakat daerah. |
|||
|
2. B |
Peserta didik dapat menerangkan
leluhur bangsa Indonesia dan kehidupan masyarakat pada masa praaksara. |
2 |
6 |
|
2. C |
Peserta didik dapat menjelaskan
permasalahan terkait kelangkaan dan upaya-upaya pencegahannya. |
3 |
9 |
|
2. D |
Peserta didik dapat menerangkan
pentingnya upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. |
2 |
6 |
|
TOTAL JAM PELAJARAN (JP) |
27 |
||
BAB 3 Potensi
Ekonomi Lingkungan
Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan
potensi sumber daya alam.
2. Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab perubahan potensi sumber daya alam.
3. Menguraikan
aktivitas kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Buddha dan masa Islam.
4. Mengidentifikasi
kegiatan ekonomi masyarakat.
5. Menganalisis
peran masyarakat dalam rantai perekonomian
6. Menjelaskan
status dan peran sosial.
7. Menjelaskan
diferensiasi dan stratifikasi sosial.
Alur Tujuan Pembelajaran
|
Elemen: Pemahaman
Konsep |
|||
|
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase ini,
peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri
serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis
hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan
memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan
. Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis
nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana
masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu
menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam
mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan
memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era
kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital.
Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi
negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia
dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut
memberikan kontribusi yang positif. |
|||
|
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar** |
JP |
|
3. A |
Menjelaskan potensi sumber daya alam. |
2 |
6 |
|
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perubahan
potensi sumber daya alam. |
|||
|
3. B |
Menguraikan aktivitas kehidupan masyarakat pada
masa Hindu-Buddha dan masa Islam. |
3 |
9 |
|
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi masyarakat. |
|||
|
3. C |
Menganalisis peran masyarakat dalam rantai
perekonomian |
3 |
9 |
|
Menjelaskan status dan peran sosial. |
|||
|
Menjelaskan diferensiasi dan stratifikasi sosial. |
|||
|
TOTAL JAM PELAJARAN (JP) |
24 |
||
BAB 4 Keberagaman
Lingkungan Sekitar
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi
hubungan
antara kondisi geografis dan keberagaman sosial budaya di masyarakat.
2. Peserta didik dapat menjelaskan keberagaman sosial budaya
masyarakat Indonesia.
3. Peserta didik dapat menganalisis
permasalahan-permasalahan sosial budaya yang ada di masyarakat.
4. Peserta didik dapat menjelaskan cara pemberdayaan
masyarakat melalui pengelolaan keuangan dan literasi keuangan.
5. Peserta didik dapat menguraikan peranan komunitas dalam
pemberdayaan masyarakat.
Alur Tujuan Pembelajaran
|
Elemen: Pemahaman
Konsep |
|||
|
Capaian Pembelajaran: Pada akhir fase ini,
peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri
serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis
hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan
memahami potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan
. Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis
nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana
masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu
menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam
mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan
memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era
kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital.
Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi
negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia
dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut
memberikan kontribusi yang positif. |
|||
|
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar** |
JP |
|
4. A |
Peserta didik dapat mengidentifikasi
hubungan
antara kondisi geografis dan keberagaman sosial budaya di masyarakat. |
4 |
6 |
|
Peserta didik dapat menjelaskan keberagaman sosial
budaya masyarakat Indonesia. |
|||
|
4. B |
Peserta didik dapat menganalisis permasalahan-permasalahan
sosial budaya yang ada di masyarakat. |
4 |
6 |
|
4. C |
Peserta didik dapat menjelaskan cara pemberdayaan
masyarakat melalui pengelolaan keuangan dan literasi keuangan. |
4 |
9 |
|
4. D |
Peserta didik dapat menguraikan peranan komunitas dalam
pemberdayaan masyarakat. |
4 |
6 |
|
TOTAL JAM PELAJARAN (JP) |
27 |
||