01/10/25

IPS KELAS 8 TEMA 1 KONDISI GEOGRAFIS DAN PELESTARIAN SUMBERDAYA ALAM E. KONDISI GEOGRAFIS DAN INTERAKSI DENGAN BANGSA ASING

Pengaruh Hindu-Buddha di Nusantara

Materi IPS Kelas VIII

Modul Pembelajaran IPS

jelajahi setiap bagian materi.Klik pada judul **Evaluasi & Proyek Akhir Bab** untuk membuka bagian tersebut.

Pelayaran Nusantara Awal Masehi

Ilmuwan Wolters menyebutkan bahwa **Ko-ying** sebagai kerajaan yang terletak di sekitar pantai timur Sumatera. Daerah sepanjang pesisir Sumatera antara Jambi dan Palembang adalah lokasi yang paling **strategis untuk pelayaran** dan kapal-kapal menunggu angin muson untuk berlayar ke timur (Oc-eo). Pada waktu-waktu tertentu kapal bisa tiba ke Kanton dari Palembang dalam waktu lima hari tanpa melakukan transit.

Hal ini diketahui dari sumber-sumber sejarah sebagai tempat transit yang terakhir untuk kapal-kapal dari India, serta tempat untuk mengirimkan komoditas dari India—mungkin ditangani oleh pedagang lokal, membuat mereka melakukan perdagangan lebih ke timur ke Nusantara. Ko-ying, menjadi pemerintahan yang paling berpengaruh pada periode tersebut.

Gambar Ilustrasi Kapal Kuno Nusantara
Gambar 1.27 Ilustrasi Kapal Kuno. (Sebagai perbandingan rute pelayaran)

Refleksi Kritis:

  • Data apa yang kalian peroleh dari tulisan Wolters tersebut?
  • Mengapa angin muson disebut sebagai angin yang ditunggu untuk menuju daerah Cina?
  • Hubungan apa yang terjadi pada masa tersebut?

Jalur Sutra Darat dan Laut

Gambar Peta Jalur Perdagangan India-Cina
Gambar 1.28 & 1.30 Jalur Perdagangan India-Cina (Abad III - VII) dan Jalur Sutra Darat & Laut. (Klik dan geser untuk melihat detail)

Hubungan dagang antara India dan Cina semula dilakukan melalui **Jalur Sutra darat**. Komoditi utama adalah **kain sutra dari Cina**. Akan tetapi, sejak awal Masehi, jalur beralih melalui **jalur laut** karena situasi jalan darat di Asia Tengah sudah tidak aman. Jalan laut terdekat dari India ke Cina adalah melalui **Selat Malaka**.

Peralihan rute ini membawa keuntungan bagi masyarakat Indonesia. Kepulauan Indonesia menjadi daerah **transit (pemberhentian)**, sehingga masyarakat Indonesia juga ikut aktif dalam perdagangan tersebut, memperkuat hubungan (India-Indonesia-Cina).

  1. Buatlah kelompok 4-5 orang peserta didik.
  2. Identifikasikanlah **barang-barang perdagangan** yang ada pada masa awal abad Masehi.
  3. Carilah sumber-sumber yang relevan melalui buku, internet, dan lain-lain.
  4. Kerjakan hasil diskusi kelompok dalam sebuah **esai**.
  5. Presentasikan di depan kelas dengan didampingi guru.
  1. Buatlah kelompok 4-5 orang peserta didik.
  2. Buatlah **peta pusat perdagangan Nusantara** pada masa awal abad Masehi.
  3. Siapkan kertas gambar ukuran A3, spidol warna, pensil, penggaris, dan peralatan lain yang digunakan.
  4. Kerjakan secara berkelompok.
  5. Presentasikan peta tersebut dengan model **windows shopping**.
Gambar Candi Borobudur
Gambar 1.29 Candi Borobudur.

Apakah kalian pernah berkunjung, melihat atau mendengar informasi mengenai **Candi Borobudur** di Jawa Tengah? Atau **Situs Muara Takus** di Jambi? Atau **Candi Prambanan** di Jawa Tengah? Perkembangan ini terkait erat dengan masa kerajaan Hindu-Buddha.

Masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia

Pada masa praaksara, nenek moyang telah memiliki kemampuan berlayar dan bertualang, yang menjadi modal untuk menerima pengaruh luar. Proses penyebaran kebudayaan India (Hindu-Buddha) masih diperdebatkan, namun pada dasarnya didorong oleh:

  • **Hubungan Dagang:** Prinsip kebutuhan dan ketersediaan barang.
  • **Letak Geografis:** Kepulauan Indonesia yang strategis.
  • **Hubungan Sosial Budaya:** Interaksi yang terus berkembang.
Gambar Peta Penemuan Candi
Gambar 1.31 Peta penemuan candi di Indonesia. (Banyaknya temuan candi menunjukkan besarnya pengaruh).
  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa.
  2. Identifikasikan dan diskusikan:
    • Bukti-bukti apa yang memperkuat berbagai teori masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia?
    • Bagaimana pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha pada sistem keagamaan, pemerintahan, sosial, ekonomi dan seni budaya?
  3. Setelah kalian identifikasi tuliskan dan presentasikan di depan kelas dengan bimbingan guru.
  1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
  2. Diskusikan bagaimana **pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha dalam perubahan lingkungan alam dan sosial di Indonesia**.
  3. Tuliskan laporanmu dalam bentuk **infografik** menggunakan pertanyaan ini:
    • Pengaruh Hindu-Buddha dalam penggunaan sumber daya alam?
    • Pengaruh Hindu-Buddha dalam penyebaran penduduk di Indonesia?
    • Pengaruh Hindu-Buddha dalam pembukaan lahan?
  4. Unggah hasil karyamu pada blog yang disediakan guru.

Infografik: PENGARUH PENINGGALAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDDHA

1. Candi

Gambar Candi Singosari

Candi berasal dari kata **Candika**, salah satu nama Dewi Durga. Candi adalah bangunan yang didirikan khusus untuk memuliakan orang yang telah wafat (raja atau orang terkemuka). Candi terdiri dari **tiga bagian**: kaki, tubuh, dan atap.

**Contoh Candi:** Kompleks Candi Dieng, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Kalasan, Candi Jago, Candi Singosari, Candi Jawi, dan Candi Jabung.

2. Seni Pahat dan Ukir

Seni pahat patung hubungannya dengan patung dewa. Pada masa itu seni pahat patung berhubungan dengan **religiusitas** (Patung-patung itu menggambarkan dewa atau dewi). Patung Buddha umumnya sama satu dengan yang lain, sementara arca logam lebih variatif.

**Arca Buddha** sangat sederhana dan tidak memakai hiasan. Tanda-tandanya: rambutnya selalu keriting.

**Relief Candi:** Menceritakan cerita dari kitab-kitab keagamaan seperti **Ramayana, Arjunawiwaha, Karmawibhangga, Kunjakara, Panji**, dan lain-lain.

Gambar Seni Pahat dan Ukir

3. Barang-Barang Logam

Gambar Arca Logam

Arca-arca logam diproduksi pada peradaban Hindu-Buddha, umumnya berukuran kecil dan mudah dipindahkan. Arca logam sangat jarang ditemukan karena rentan dilebur untuk dijadikan barang-barang baru (misalnya meriam).

**Barang Emas:** Barang-barang dari emas juga didapatkan dalam bentuk **cincin, gelang, rantai, kalung jamang**, dan lain-lain.

4. Kesusastraan

Kesusastraan dituliskan di atas **daun lontar**, membuatnya rentan rusak dan hilang.

**Isi Kesusastraan:**

  • **Tutur (Kitab Keagamaan):** Contohnya seperti **Lubbaka**.
  • **Sastra (Kitab Cerita):** Cerita mengenai keagamaan dan kesusilaan.
  • **Kitab-kitab Uraian Sejarah:** Contohnya: **Ramayana, Mahabharata, Arjunawiwaha, Nagarakrtagama, Sutasoma,** dan lain-lain.
Gambar Kesusastraan Daun Lontar
  1. Carilah tulisan tentang salah satu **candi peninggalan masa kerajaan Hindu-Buddha** di Indonesia.
  2. Tuliskan esai singkat tentang keberadaan candi tersebut.
  3. Gunakan pertanyaan ini untuk membantu tulisan kalian:
    • Apa nama candi tersebut?
    • Deskripsi lokasi?
    • Hubungan dengan keberadaan kerajaan?
    • Bagaimana fungsi candi pada masa lalu?
    • Bagaimana fungsi candi pada masa sekarang?
    • Bagaimana upaya melestarikan bangunan tersebut?
  4. Unggah hasil karyamu pada blog yang disediakan guru.

A. Proyek Akhir Bab

Setelah mempelajari materi tentang kondisi geografis dan pelestarian sumber daya, selanjutnya buatlah **kerajinan dari barang-barang bekas** yang bernilai jual. Tuangkan ide dan kreasi sesuai kreativitas kalian masing-masing.

  1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3–4 orang peserta didik.
  2. Tentukan ide dan kreasi apa yang akan kalian buat.
  3. Hubungkan ide dan kreasi tersebut berdasarkan kebutuhan yang ada di sekitar kalian.
  4. Kerjakan secara berkelompok.
  5. Kirimkan hasil pekerjaan kepada Bapak/Ibu Guru untuk memperoleh penilaian.

B. Evaluasi

Pilihan Ganda Interaktif

Esai

1. Bagaimana pengaruh iklim terhadap keragaman sosial budaya di Indonesia?

2. Bagaimana hubungan proses geografis dengan kedatangan bangsa-bangsa asing di Indonesia?

3. Potensi sumber daya alam yang dimanfaatkan secara terus menerus mengakibatkan perubahan bagi kelangsungan alam. Salah satu dampak perubahan alam yang terjadi adalah menurunnya daya dukung lingkungan terhadap kehidupan manusia. Jelaskan faktor yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam!

4. Bagaimana pendapat kalian tentang teman yang berbuat curang ketika ujian sekolah dan apa yang akan kalian lakukan? Apakah perilaku tersebut telah melanggar norma? Jelaskan!

5. Terdapat teori masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia. Teori apa yang paling kuat menurut pendapatmu? Jelaskan alasan dan bukti-buktinya!

KELAS 9 IPS Tema 04. Kerja Sama Dunia C. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) - Kelas 9 IPS 🌍 Tema 04: K...