01/10/25

IPS KELAS 8 TEMA 1 KONDISI GEOGRAFIS DAN PELESTARIAN SUMBERDAYA ALAM B.Pemanfaatan SDA dan SDM

Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Manusia Indonesia

Pemanfaatan SDA dan SDM

Materi IPS Kelas VIII | Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci pembangunan berkelanjutan.

1. SUMBER DAYA ALAM HUTAN

Indonesia mengalokasikan 63% dari daratannya atau seluas 120,6 juta hektar sebagai kawasan hutan.

(Sesuai data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2018)

Hutan Produksi

Menghasilkan **bahan baku produksi**, terutama kayu, untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat. Pemanfaatannya harus memperhatikan prinsip kelestarian.

2. SUMBER DAYA ALAM TAMBANG

Berdasarkan UU No. 11 Tahun 1967, bahan tambang dibagi menjadi tiga golongan:

Golongan A (Strategis)

Untuk pertahanan dan keamanan negara.
Contoh: Minyak bumi dan Gas bumi.

Golongan B (Vital)

Memenuhi hajat hidup orang banyak.
Contoh: Emas, Perak, dan Tembaga.

Golongan C (Industri)

Untuk industri dan tidak langsung mempengaruhi hajat hidup orang banyak.
Contoh: Pasir dan Batu kapur.

Proses Pemanfaatan Tambang (Empat Tahapan Vital): Klik untuk melihat detailnya.

3. SUMBER DAYA ALAM KEMARITIMAN

Perikanan

Potensi penangkapan laut mencapai 6,5 juta ton/tahun. Dilakukan secara tradisional dan modern.

Energi Kelautan

Meliputi energi gelombang, pasang surut, arus laut, dan panas laut. Potensi besar sebagai energi terbarukan.

Wisata Bahari

Meliputi olahraga seperti berenang, menyelam, *snorkeling*, dan fotografi bawah laut. Daya tarik keanekaragaman hayati.

Keragaman Sumber Daya Alam Kemaritiman Indonesia

🐠 8.500+ spesies ikan
🌿 555 spesies rumput laut
🦀 950 spesies biota terumbu karang
🐟 17,95% terumbu karang dunia

4. KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)

Kualitas SDM sangat berpengaruh terhadap kemajuan sebuah bangsa. Kualitas ini diukur dengan **Indeks Pembangunan Manusia (IPM)** oleh UNDP.

IPM Indonesia di ASEAN

Pada tahun 2018, Indonesia berada di peringkat ke-5 di ASEAN dengan IPM **0,707**, masih di bawah negara-negara tetangga utama seperti Singapura dan Malaysia.

Pilar Peningkatan Kualitas SDM

  • **Sistem Pendidikan** yang baik dan bermutu.
  • **Penguatan Peran Agama** (Character Building) untuk memperkokoh jati diri.
  • **Peningkatan Kapasitas SDM** melalui diklat, kompetensi, dan pelatihan.
  • **Pembinaan dan Pengembangan** masyarakat, terutama generasi muda yang kreatif dan inovatif (Bonus Demografi).

5. PERAN DAN JENIS LEMBAGA SOSIAL

Lembaga sosial adalah **keseluruhan dari sistem norma** yang terbentuk berdasarkan tujuan dan fungsi tertentu. Lembaga sosial dibentuk untuk mengatur **hubungan antar manusia** dalam masyarakat dan memenuhi berbagai kebutuhan hidup.

Lima Jenis Lembaga Sosial Utama (Klik untuk Fungsi)

Norma Kemasyarakatan:

Norma adalah **aturan/kaidah** yang menjadi pedoman tingkah laku. Lembaga sosial dibentuk karena kebutuhan masyarakat akan keteraturan yang diatur oleh norma (norma memberi tahu apakah perilaku itu benar atau salah).

6. UJI PEMAHAMAN LANJUTAN

Cocokkan istilah dengan definisinya!

1. Hutan yang berfungsi untuk menghasilkan bahan baku produksi.

2. Tahapan penambangan untuk mengetahui ukuran dan besarnya cadangan mineral.

3. Indikator yang digunakan oleh UNDP untuk mengukur kualitas SDM suatu negara.

4. Perangkat aturan/tata cara yang menjadi pedoman tingkah laku dalam masyarakat.

Materi ini bersumber dari IPS untuk SMP/MTs Kelas VIII (Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam, SDM, dan Lembaga Sosial).

KELAS 9 IPS Tema 04. Kerja Sama Dunia C. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) - Kelas 9 IPS 🌍 Tema 04: K...