04/11/25

KELAS 5 SD MATEMATIKA 3 | Bilangan Pecahan A. Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan

Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan - Kelas 5 SD

⚖️ Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan

Matematika Kelas 5 SD - Belajar Perbandingan Pecahan

🎯Konsep Membandingkan Pecahan

Membandingkan Pecahan:

Membandingkan pecahan adalah menentukan pecahan mana yang lebih besar, lebih kecil, atau sama.

Simbol yang digunakan:

• > (lebih besar dari)

• < (lebih kecil dari)

• = (sama dengan)

💡 Ingat! Untuk membandingkan pecahan, kita perlu menyamakan penyebutnya terlebih dahulu jika penyebutnya berbeda!

🔍 Contoh Sederhana: Penyebut Sama

2 5
vs
3 5

Karena penyebutnya sama (5), kita bandingkan pembilangnya:

2 < 3, maka 25 < 35

🔧Cara Membandingkan Pecahan

Langkah-langkah Membandingkan Pecahan:

1. Jika penyebut sama: Bandingkan pembilangnya

2. Jika penyebut berbeda: Samakan penyebut dengan mencari KPK

3. Setelah penyebut sama, bandingkan pembilangnya

📊 Contoh: Membandingkan 12 dan 34

Langkah 1: Cari KPK dari penyebut (2 dan 4)

Kelipatan 2: 2, 4, 6, 8, ...

Kelipatan 4: 4, 8, 12, ...

KPK dari 2 dan 4 = 4

Langkah 2: Ubah pecahan ke penyebut yang sama

12 = 1×22×2 = 24

34 = 34 (sudah sama)

Langkah 3: Bandingkan pembilangnya
2 4
<
3 4

Jadi: 12 < 34

Pecahan Asli Penyebut Baru Pecahan Setara Perbandingan
12 4 24 24 < 34
34 4 34

📚Contoh Mengurutkan Pecahan

🎯 Urutkan dari terkecil ke terbesar: 23, 12, 56

Langkah 1: Cari KPK dari semua penyebut (3, 2, 6)

Kelipatan 3: 3, 6, 9, 12, ...

Kelipatan 2: 2, 4, 6, 8, ...

Kelipatan 6: 6, 12, 18, ...

KPK dari 3, 2, dan 6 = 6

Langkah 2: Ubah semua pecahan ke penyebut 6

23 = 2×23×2 = 46

12 = 1×32×3 = 36

56 = 56 (sudah sama)

Langkah 3: Urutkan berdasarkan pembilang
3 6
<
4 6
<
5 6
Langkah 4: Tulis urutan pecahan asli
Urutan: 12 < 23 < 56
🎯 Tips Mengurutkan Pecahan: 1. Samakan semua penyebut dengan KPK
2. Urutkan berdasarkan pembilang
3. Tulis kembali dalam bentuk pecahan asli

🎮 Bandingkan dan Urutkan Pecahan!

✨ Hasil Perhitungan

🎯 Contoh Pecahan untuk Dicoba:

KELAS 9 IPS Tema 04. Kerja Sama Dunia C. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) - Kelas 9 IPS 🌍 Tema 04: K...